Monday, February 27, 2012

Gunung Sesean, Toraja-Sulawesi Selatan



Gunung Sesean (2100 Mdpl) adalah salah satu gunung yang paling sering dikunjungi oleh para penggiait alam pemuda Toraja. Kurangnya publikasi akan keindahan panorama gunung ini membuat gunung ini hanya sering didaki oleh penggiat alam pemuda Toraja. Terlebih lagi kebanyakan pendaki alam lebih mengutamakan masalah petualangan dan grid atau tingkat kesukaran gunung yang didaki sebagai rekor dalam perjalanan eksistensi pendakian mereka, tapi apalah arti mengejar nilai dari tingkat kesukaran gunung?toh itu juga tidak menjadi perhatian nasional apalagi internasional, semua kembali kepada kepuasan pribadi yang bersifat “egoistik” belaka. Gunung bukan tempat mencari nilai grid tetapi tempat mencari apa yang sesungguhnya kita cari.
(Pemandangan Camp Area Saat Menjelang Malam)
Mudah untuk tiba di Gunung Sesean, untuk mereka yang memulai rute dari Makassar, hanya perlu mencari perwakilan Bus dengan arah tujuan Toraja (Rp.70.000/org) di Terminal Regional Daya-Makassar. Kemudian Bus akan tiba di Terminal Makale-Toraja. Setelah itu silahkan anda mengambil angkutan umum tujuan Rantepao tepatnya di Pasar Bolu Rantepao (pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Toraja; Rp.5000/org), season terakhir, anda harus menaiki angkutan umum penduduk menuju Batu Tumonga (kaki gunung Sesean; Rp.10.000/org), anda tidak perlu khawatir karena ini merupakan jalur wisata sehingga supir angkot akan dengan mudah mengantarkan anda kesana.

Setiba disana anda bisa langsung mendaki gunung Sesean. Hanya butuh waktu 3 jam untuk tiba di puncaknya.Tapi lupakan masalah puncak karena mendaki gunung Sesean bukan pendakian mengejar dimana puncak berada, tetapi mengejar dimana mendapatkan kondisi segala jenuh tentang gunung tropis itu hilang.

Jalur pendakian gunung Sesean sangat mudah, tidak akan nyasar karena jalur sudah sangat jelas, tambah lagi banyak penanda jalan, dan tidak ada jalur yang begitu terjal..betul-betul perjalanan refreshing..Bagi pendaki pemula, tidak usah mencari puncak gunungnya karena tidak ada apa-apa yang terdapat disana hanya sebongkah batu raksasa yang horizontal dan akan kalian jadikan tempat peristirahatan. Lebih baik anda segera mendirikan tenda di Pos 6 itu akan lebih berguna ketimbang anda membuang tenaga tuk mencari puncak gunungnya. Setelah itu silahkan mengisi waktu bersama teman anda diluar tenda pada malam hari. 
(Gunung Sesean Toraja)
 Ada hal yang wajib dilakukan di gunung Sesean yaitu harus bangun pagi-pagi betul karena keindahan dari gunung sesehan ini ada pada pagi hari, disaat matahari terbit dank kabut menutupi kota Toraja dan anda berada diatasnya, seolah berada di negeri diatas awan tambah lagi setelah turun gunung anda bisa menikmati tempat wisata di Toraja.


0 komentar:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates