Monday, April 2, 2012

Tali Temali

 
Dalam kegiatan out door, segala pergerakkan kita tidak akan terlepas dengan namanya tali temali. Hal ini senada dengan jenis outdoor  semacam caving, rock climbing, mountainering yang menggunakan alat pemanjatan. Skill dasar ini sering di anggap remeh, dengan bukti banyaknya penggiat yang belum mahir mempraktekkannya. Namun tanpa di sadari skill sederhana ini bisa menentukan sukses dan gagalnya ekspedisi yang kita lakukan nantinya. Berikut simpul yang biasa digunakan pada kegiatan out door.
  1. Bowline. Digunakan untuk membuat anchor karena sifatnya yang semakin mengikat apabila mendapat beban. Bowline juga digunakan dalam teknik rescue. Waktu membuat simpul ini, ujung tali harus overhand knot. 
  2. Figure Of Eight. Merupakan simpul yang paling penting karena sering digunakan. Mudah membuatnya dan melepaskannya. Dipakai untuk membuat anchor, sebagai tali belay dan untuk menyambung tali. 
  3. Tape Knot. Simpul ini digunakan untuk menyambung webbing dengan menggabungkan kedua ujungnya.
  4. Butterfly Knot. Berfungsi untuk mengikat tali yang patah sehingga tidak terbeban. Simpul ini untuk tali dengan beban vertikal.
  5. Prusik Knot. Untuk prusikking (naik tali dengan bantuan prusik). 
  6. Fishermen. 
 Untuk mendapatkan informasi mengenai simpul tali temali silahkan kunjungi ini  http://dapala.4t.com/simpul.html

0 komentar:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates