Pesawat terbang, adalah salah satu obyek yang selalu menarik untuk
disimak. Kali ini kita akan melihat perkembangan salah satu "organ
vital" pesawat terbang yaitu mesin pendorong yang berjenis mesin Jet
atau dalam dunia penerbangan biasa disebut Aircraft Power Plant.
Prinsip Prinsip Daya Dorong Jet
Jet artinya pancaran atau semprotan.Konsep reaksi Jet pertama kali
dipercaya oleh para ilmuwan dari sebuah alat permainan di negeri Romawi
kuno yang dikenal dengan sebutan Hero's Engine. Alat permainan
ini dipercaya dibuat pada masa 120 tahun SM. Alat ini menggambarkan
bahwa gaya/momentum (berupa uap) yang dikeluarkan oleh mulut Jet itu
mampu menghasilkan reaksi yang sama besar dengan daya dorong Jet itu
sendiri.Kedua Jet kecil itu memancarkan tekanan yang berakibat kedua Jet
itu bergerak berputar putar. Kemudian hasilnya Hero's Engine-pun berputar oleh dorongan kedua Jet itu.
Ilmuwan Fisika terkenal, Sir Isaac Newton juga merumuskan dalam hukumnya yang ketiga, hukum Aksi dan Reaksi. Hukum
itu menyatakan "Setiap gaya yang beraksi pada suatu benda, akan
menghasilkan reaksi gaya yang berlawanan arah yang sama besarnya". Dari
sinilah para insinyur penerbangan memulai bekerja menciptakan suatu
Mesin Jet yang menjadi tenaga pendorong pesawat terbang.
Tahun 1913 seorang insinyur Perancis bernama Rene Lorin,
mematenkan sebuah konsep Mesin berdaya dorong Jet. Tetapi ini ternyata
barulah sebuah teori, karena pada masa itu belum ada manufaktur atau
produsen yang mampu membuat mesin Jet yang berdasar pada teori ini,
meskipun saat ini ternyata Ram Jet (salah satu metoda mesin Jet modern) menggunakan konsep Lorin ini.
Tahun
1930 Frank Whittle dipercaya telah mematenkan karyanya, yaitu sebuah
mesin gas turbin yang menghasilkan daya dorong Jet. Tetapi inipun masih
berupa teori juga. Mesin gas turbin ini baru selesai sebelas tahun
kemudian olehnya melalui uji terbang terlebih dahulu.Konsep mesin gas
turbin bertipe Turbo Jet buatan Frank Whittle ini kelak dipakai oleh salah satu manufaktur Mesin Jet terkemuka di dunia yaitu Rolls-Royce Welland.
Beberapa Metoda Daya Dorong Jet
Semua
jenis mesin Jet sebetulnya sama. Yaitu sama-sama dihasilkan dari bahan
bakar dicampur udara yang telah dimampatkan lalu dibakar, sehingga
menghasilkan energi berupa daya dorong untuk terbang. Perbedaannya
hanyalah pada "cara memasak" bahan bakar plus udara dan pembakarannya
saja. Cara memasak diatas disebut Metoda. Beberapa Metoda itu adalah Ram Jet,Pulse Jet,Rocket,Gas Turbine,Turbo/Ram Jet atau Turbo Rocket.
Masing masing metoda daya dorong Jet diatas memiliki keunggulan
dan kekurangan sendiri-sendiri.Tergantung tujuan dan keperluan
penggunaannya. Untuk kepentingan pesawat terbang militer tentunya
berbeda dengan kepentingan pesawat komersial.
(Sumber http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13073005)
Baca Juga "Bahaya Burung Bagi Penerbangan Pesawat Jet" di http://zonateknologi.wordpress.com/page/11/
0 komentar:
Post a Comment