Ini adalah tulisan yang bersumber dari http://www.filsafatilmu.com; oleh Ridwan Fendy.
Paradigma adalah istilah sebuah pandangan ilmiah dalam pemikiran
filsuf ilmu Thomas Kuhn. Dia mendefinisikan Paradigma sebagai “Praktek
yang mendefinisikan disiplin ilmiah pada beberapa poin dalam waktu.”
Paradigma dalam pemikiran Thomas Kuhn adalah sesuatu yang berdasar
budaya dan deskrit. Seorang ilmuan pengobatan Cina, dengan ilmu yang
mendalam mengenai pengobatan timur, akan memiliki pandangan pemikiran
yang berbeda daripada pemikiran seorang peneliti dari barat. Fungsi dari
Paradigma menyediakan puzzle bagi para ilmuan. Paradigma sekaligus
menyediakan alat untuk solusinya. Ilmu digambarkan oleh Thomas Kuhn
sebagai sebuah kegiatan menyelesaikan puzzle.
Thomas Kuhn pertamakali menggunakannya dalam sains, menunjukkan bahwa
penelitian ilmiah tidak menuju ke kebenaran. Penelitian ilmiah sangat
tergantung pada dogma dan terikat pada teori yang lama. Dalam pemikiran
Kuhn paradigma secara tidak langsung mempengaruhi proses ilmiah dalam
empat cara dasar.
- Apa yang harus dipelajari dan diteliti
- Pertanyaan yang harus ditanyakan
- Struktur sebenarnya dan sifat dasar dari pertanyaan itu
- Bagaimana hasil dari riset apapun diinterpretasikan.
Kuhn mempercayai bahwa ilmu pengetahuan memiliki periode pengumpulan
data dalam sebuah paradigma. Revolusi kemudian terjadi setelah sebuah
paradigma menjadi dewasa. Paradigma mampu mengatasi anomali. Beberapa
anomali masih dapat diatasi dalam sebuah paradigma. Namun demikian
ketika banyak anomali anomali yang mengganggu yang mengancam matrik
disiplin maka paradigma tidak bisa dipertahankan lagi. Ketika sebuah
paradigma tidak bisa dipertahankan maka para ilmuan bisa berpindah ke
paradigma baru.
Ketika berada pada periode pengumpulan data maka ilmu pengetahuan
mengalami apa yang dikatakan perkembangan ilmu biasa. Dalam perkembangan
ilmu biasa sebuah ilmu pengetahuan mengalami perkembangan. Ketika
Paradigma mengalami pergeseran maka itu disebut masa revolusioner. Ilmu
dalam tahap biasa bisa dikatakan sebagai pengumpulan yang semakin banyak
dari solusi Puzzle. Sedangkan pada tahap revolusi ilmiah terdapat
revisi dari kepercayaan ilmiah atau praktek.
- http://plato.stanford.edu/entries/thomas-kuhn/
- http://www.experiment-resources.com/what-is-a-paradigm.html
0 komentar:
Post a Comment