Tuesday, March 27, 2012

Tips Menikmati Kopi


Bagi sebagian orang, memulai aktifitas tidak afdal tanpa minum kopi terlebih dahulu...saya adalah salah satunya..saya lebih panik bila persediaan kopi saya mulai menipis dibanding bila persediaan beras (Bahan Pokok) saya menipis..hohhoooo....Ada yang kurang bila tidak minum kopi..yaaa tentunya kurang konsetrasi. Beberapa penelitian menegaskan bahwa kandungan caffein pada kopi dapat meningkatkan konsentrasi (baca http://saransaransehat.wordpress.com/tag/kopi-meningkatkan-konsentrasi/).


Berikut Tips untuk menyajikan kopi anda :
  1. Kualitas biji kopi. Bagi anda yang memiliki modal terbatas namun tetap ingin menikmati kopi, silahkan anda membeli kopi kemasan. Sebaiknya membeli yang bermerek terkenal dan membeli kopi berlabel kopi Toraja, Kopi Sumatera, kopi Flores, dan Kopi Enrekang.
  2. Kualitas Air. Selain biji kopi, kualitas air juga sangat menentukan kualitas kopi yang dihasilkan karena 98% penyusun kopi adalah air. Oleh karena itu, Anda perlu tahu ciri-ciri air yang berkualitas baik. Ciri-ciri tersebut antara lain adalah bahwa air harus terbebas dari kontaminan, ketidakmurnian, kandungan mineral tinggi, tingkat keasaman (pH) yang tidak sewajarnya, bau, dan sebagainya.  
  3. Proporsi. Proporsi antara biji kopi dan air akan menentukan kadar kepekatan kopi. Setelah diadakan penelitian, ternyata banyak orang yang menyukai perbandingan 10 g kopi (2 sendok makan) dengan 180 ml air. Utk classic drip, gunakan 2 sdt (sendok the) dengan air panas sebanyak 1 cup-nya classic drip.  
  4. Penggerusan. Pastikan anda menggerus kopi secara optimal karena air panas akan mengekstrak jumlah ideal elemen kopi dan proses pemasakan yang terjadi juga ideal, serta menghasilkan aroma dan rasa yang mantap. Jangan menggerus kopi lebih kasar atau lebih halus dari tingkat optimalnya karena keduanya akan mengurangi rasa dan aroma kopi. Kopi yang digerus lebih kasar daripada optimalnya akan menghasilkan ekstraksi yang buruk, sedangkan kopi yang digerus lebih halus daripada optimalnya akan terjadi kelebihan ekstraksi sehingga menghasilkan rasa yang pahit.
  5. Suhu. Pastikan anda menyeduh kopi dengan waktu yang sesuai dan pada selang waktu yang sesuai pula (jika Anda menggunakan coffee maker). Biasanya, suhu optimal pemasakan kopi adalah sekitar 92-96 oC. Sedikit modifikasi suhu (2-3 oC) mungkin lebih baik untuk beberapa jenis kopi, atau beberapa orang yang memiliki selera agak berbeda dari biasanya.
  6. Cangkir Kopi (Wadah). Cangkir kopi yang Anda pergunakan juga harus mampu menjaga suhu kopi tetap panas untuk waktu yang cukup lama. Anda bisa menyiapkan cangkir porselen karena kemampuan insulasi suhunya. Bila Anda menghendaki, anda juga dapat menyiapkan cangkir yang terbuat dari baja tahan karat atau yang berdinding gelas ganda, yang tentunya memiliki kemampuan insulasi yang lebih baik. (Baca http://biji-kopi.com/faktor-penting-untuk-mendapatkan-minuman-kopi-yang-nikmat/). 

0 komentar:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates